Tebus Obat Di Apotik

Saya bermaksud menebus obat untuk ibu saya yang baru keluar dari rumah sakit. Dari tulisan di resepnya tertulis Vitamin B12 sejumlah 15 buah. Sebenarnya bapak saya sudah mencari di beberapa apotik dekat rumahnya tapi tidak tersedia. Misalkan ada, yang ada adalah obat yang mirip hanya saja jumlahnya jauh lebih banyak padahal yang dibutuhkan hanya 15 buah.

Saya akhirnya mencoba menebus resep obat tersebut di apotik dekat rumah. Pertama kali saya datang ke apotik Kimia Farma. Tidak ada obat yang benar-benar sama sesuai resep. Oleh petugasnya diberi obat lain yang sama tapi jumlah kapsulnya ada 50 buah. Saya lihat harganya hampir 4ribu per buah. Jadi total 200ribu rupiah. Saya bilang saya coba cari ke tempat lain dulu.

Lalu saya datang ke apotik Rini. Apotik ini sudah terkenal dan banyak peminatnya. Koleksi obatnya juga lengkap dan harganya lumayan murah. Saya berikan resep ke petugas dan setelah beberapa menit petugas memanggil saya. Dia menyebutkan harga untuk 15 kapsul adalah 1800rupiah. Saya kaget dalam hati mendengar begitu murah harganya. Sepertinya obat itu adalah obat generik. Yang penting khasiatnya sama🙂

Memang ibu saya terdaftar sebagai peserta BPJS. Mungkin itu sebabnya obat yang diberikan adalah obat generik. Sungguh jauh perbedaan antara obat generik dan non-generik. Perbandingannya bisa 30x lipat untuk kasus obat (vitamin -red) yang saya beli ini.

Leave a Reply

