Sudan Selatan

Sudan Selatan adalah negara termuda saat ini. Negara ini merupakan pecahan dari Sudan. Mirip dengan Timor Timur yang memisahkan diri dari Indonesia. Cikal bakalnya Sudan Selatan adalah dari pemberontakan daerah itu yang merasa disisihkan dari pemerintah pusat. Mayoritas warga Sudan Selatan beragama kristen, sebaliknya warga Sudan mayoritas beragama Islam. Menurut saya wajar saja kalau mereka ingin berdaulat. Padahal sesungguhnya pemerintahan Islam pasti bersikap adil terhadap semua rakyatnya.

Pemberontakan yang tiada henti berhasil membuat sebuah negara merdeka yang diakui PBB. Sebaliknya ada suatu daerah yang memisahkan diri menjadi negara merdeka tetapi tidak diakui oleh PBB. Misalkan daerah South Ossetia, kalau tidak salah, yang merupakan pecahan Georgia. Sepertinya diakui atau tidaknya tergantung suka tidak sukanya pemegang hak veto di PBB. Sudah tidak objektif lagi.

Kembali ke Sudan Selatan. Setelah merdeka ternyata negara ini juga tidak menjadi aman. Timbul pemberontakan juga yang kali ini terjadi antar etnis di negara itu. Memang ujung-ujungnya perebutan kekuasaan yang berperan. Dulu saat memberontak terhadap Sudan, semua etnis bersatu padu. Setelah tujuan merdeka tercapai, timbul masalah lain. Begitulah akibatnya kalau mendapatkan sesuatu dengan cara yang salah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s