Tidak Cek Dan Ricek

Saya sering menerima terusan tulisan di media sosial. Kalau dilihat tulisannya memang bagus untuk dibaca. Ada yang berupa komedi, nasihat, atau ilmu agama. Hanya saja ada kekurangannya, kadang-kadang tulisannya tidak akurat atau tidak relevan dengan kondisi sekarang.

Tadi saya membaca tulisan tentang datangnya Bulan Ramadhan. Dalam tulisan itu disebutkan ramadhan tahun ini terdiri dari 5 hari jumat. Padahal kenyataannya kemungkinan besar ramadhan dimulai pada hari sabtu sehingga hanya ada 4 hari jumat. Kesalahan yang lain adalah disebutkan ramadhan tahun ini siangnya lebih panjang. Hal ini bisa jadi benar untuk orang yang tinggal di bumi belahan utara yang sedang mengalami musim panas. Tapi untuk saya dan penerima tulisan lainnya yang tinggal di Indonesia, ramadhan tahun ini siangnya lebih singkat. Waktu-waktu sekarang, saat maghrib sekitar jam 17.45. Dulu saya pernah mengalami buka puasa sekitar jam 18.15.

Jadi sebaiknya kita cek dan ricek dulu tulisan yang akan kita kirimkan lagi ke orang lain. Gak enak kan kalau tulisannya tidak akurat🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s