Tidak Mau Menyerah

Saya sangat salut kepada orang yang tidak mau menyerah.dan terus berjuang sampai darah penghabisan. Ini sering saya lihat pada pertandingan olahraga di mana demi membela negara atlet yang berlaga bertarung habis-habisan. Misalkan kalah tapi kalah terhormat dan bisa berdiri tegak.

Untuk olahraga seperti bulutangkis, sepakbola, tenis, dan sejenisnya memang wajar untuk tidak menyerah karena pertandingan berakhir bila waktunya sudah habis atau skor sudah mencapai nilai tertentu. Tapi lain ceritanya dengan catur. Di tengah pertandingan dimungkinkan untuk menyerah bila keadaan sudah tidak memungkinkan untuk menang. Tapi saya sering mengalami lawan yang saya hadapi tidak mau menyerah juga walaupun sudah jelas pasti kalah. Sepertinya mereka mengharapkan saya melakukan kesalahan mendasar yang kecil terjadi. Contoh lain yang serupa adalah tinju.

Menurut saya sebaiknya menyerah saja kalau sudah merasa akan kalah. Saya pribadi juga akan melakukan hal yang sama. Daripada membuang waktu percuma🙂

Leave a Reply

