Saklar Lampu

Saya perhatikan saklar lampu di rumah atau kantor tidak standar cara memakainya. Untuk menyalakan lampu, sisi yang ditekan bisa berbeda-beda. Kadang-kadang sisi atas yang ditekan untuk menyalakan dan sisi bawah untuk mematikan. Ini yang ada di rumah saya. Tapi di kantor saya malah kebalikannya. Sisi bawah yang ditekan untuk menyalakan lampu. Mungkin ini masalah selera saja tapi seharusnya ada yang membuat standarnya. Atau memang sudah ada standarnya hanya saya tidak tahu.

Saat saya membangun rumah terus terang saya tidak mencari petunjuk di internet. Saya hanya meniru rumah sebelumnya. Sedangkan di rumah sebelumnya saya hanya mengikuti cara pasang tukang listriknya saja. Terserah tukang listriknya saja saat itu hihihi…

Saya mau amati mana yang mayoritas cara pasang saklarnya. Kalau memang saklar di rumah saya termasuk yang mayoritas berarti tidak masalah tapi kalau sebaliknya tidak masalah juga🙂

Leave a Reply

