Info Tidak Langsung

Terkadang kita mendengar sesuatu tanpa sengaja. Sebenarnya kita tidak bermaksud menguping tapi kondisi memaksa kita untuk mendengar pembicaraan orang lain. Dari aksi menguping ini saya mendapatkan tambahan informasi yang cukup berguna dan akhirnya bisa saya bagi kepada orang lain termasuk yang membaca tulisan ini🙂

Ceritanya begini. Sabtu lalu setelah mengantar anak mengikuti eskul di sekolah, saya makan nasi uduk di pasar. Saat saya datang sudah ada 2 orang (1 pria dan 1 wanita) yang sedang makan dan berbincang-bincang. Saya duduk di samping mereka. Otomatis saya dapat mendengar pembicaraan mereka. Mereka berbicara banyak hingga pada suatu ketika mereka berbicara tentang nomor polisi kendaraan bermotor. Sang pria mengatakan bahwa untuk 3 hurup di belakang angka nomor polisi, huruf pertama menandakan wilayah Jakarta. Bisa berarti pusat, utara, timur, selatan, atau barat. Setelah saya perhatikan contoh mobil dan motor yang melintas di jalan ternyata benar juga informasinya. Contohnya mobil tetangga saya bernomor polisi B XXXX UOP, berarti mobil itu terdaftar di Jakarta utara.

Itu salah satu contoh informasi berharga yang didapat dari hasil menguping tanpa sengaja. Sebenarnya saya mendengar pembicaraan yang lain juga saat itu tapi kebanyakan hanya informasi sampah yang tidak seharusnya saya dengar hihihihi….

Leave a Reply

