Bikin SIM Baru

Saya sebenarnya sudah pernah mempunyai SIM C untuk motor tapi SIM itu sudah lama tidak berlaku lagi dan saya tidak pernah memperpanjangnya karena tidak pernah mengendarai motor lagi. Dua minggu lalu saya terpaksa membeli motor lagi untuk dipakai ke kantor. Konsekuensinya saya harus mempunyai SIM baru karena SIM lama tidak bisa diperpanjang lagi. SIM lama sudah terlalu lama matinya sekitar 10 tahun dan keberadaannya juga tidak diketahui hihihi..

Saya mau mencoba mengurus pembuatan SIM ini lewat jalur resmi agar biayanya murah. Tapi dari pengalaman orang-orang banyak yang gagal di tes tertulis dan praktek. Dengan kondisi saya yang baru belajar motor lagi peluang untuk lulus tes terutama tes praktek juga lumayan kecil. Saya coba lewat melalui biro jasa biayanya bisa 3-4x lebih mahal dari harga normal tapi dijamin beres.

Dulu saat membuat SIM C pertama kali saya juga lewat biro jasa. Begitu juga SIM A untuk mobil. Tapi itu untuk pertama kali membuatnya saja sedangkan untuk perpanjangan saya urus sendiri. Kita lihat nanti bagaimana akhirnya saya mendapatkan SIM C ini🙂

Leave a Reply

