Tes Ulang

Jumat lalu akhirnya saya mendatangi kantor Samsat Daan Mogot untuk membuat SIM C baru. Dari awal saya sudah bertekad untuk membuatnya melalui jalur resmi sesuai anjuran yang tercantum di sana agar tidak melalui calo serta agar lebih murah. Tetapi nyatanya baru sampai area parkir saja sudah banyak calo yang menawarkan jasa dengan biaya sekitar 600-800 ribu rupiah. Saya hanya basa-basi saja bernegosiasi dengan para calo itu lalu langsung pergi mengurus sendiri.

Pertama-tama tes kesehatan dengan membayar 25ribu rupiah. Yang dilakukan adalah hanya mengukur tekanan darah. Semua pasti lulus. Setelah itu membayar 100ribu rupiah untuk biaya pembuatan SIM C. Kemudian membeli asuransi sebesar 30ribu rupiah untuk jangka waktu 5 tahun. Jadi total biaya yang dikeluarkan adalah 155ribu rupiah. Setelah itu ke loket pengambilan formulir dan mengisinya. Ternyata di dalam gedung ada calo juga yang menawarkan jasa tapi saya abaikan saja.

Langkah selanjutnya adalah tes teori. Ada 30 soal pilihan ganda yang harus dijawab dengan syarat lulus adalah bisa menjawab betul minimal 21 soal. Saya lulus dengan nilai 22🙂 Tes berikutnya adalah tes praktek. Tes ini yang susah karena di jalan raya sepertinya kita tidak mungkin mengalami kondisi seperti keadaan di tes praktek. Syarat lulusnya seperti kaki tidak boleh menapak ke jalan atau tidak boleh keluar jalur dan lain-lain. Alhasil saya gagal di tes ini. Kata petugas saya harus datang 2 minggu lagi untuk kembali melakukan tes praktek. Bila gagal lagi hingga 3x berturut-turut, maka uang kembali. Tapi yang kembali hanya uang biaya pembuatan SIM C sebesar 100ribu rupiah. Uang asuransi dan kesehatan tidak bisa kembali.

Semoga lulus 2 minggu lagi. Repot kalau harus bolak balik terus.

Leave a Reply

