Cari Yang Nyaman

Perbedaan adalah rahmat. Hal itu yang ditekankan dalam menyikapi adanya perbedaan pendapat dalam islam. Kita jangan menyalahkan orang lain yang berbeda keyakinannya dengan kita. Di dalam bulan Ramadhan juga ditemukan adanya beberapa perbedaan seperti jumlah rakaat shalat tarawih dan penetapan 1 syawal.

Dalam jumlah rakaat shalat tarawih, di Indonesia ada 2 pendapat mayoritas yaitu 11 rakaat yang diyakini oleh Muhammadiyah dan 23 rakaat yang diyakini oleh NU. Kedua-duanya benar, yang tidak benar adalah yang tidak melakukan shalat tarawih. Begitu juga untuk penetapan 1 syawal di mana Muhammadiyah sudah menentukan pada tanggal 17 juli sedangkan NU masih menunggu hilal. Ada kemungkinan 1 syawal akan berbeda di antara 2 ormas ini.

Dalam beribadah, kita harus memilih salah satu sesuai keyakinan kita. Saya pribadi akan memilih mana yang lebih nyaman kita lakukan mengingat kedua pendapat itu sama-sama benar dan berdasarkan dalil-dalil yang kuat. Bila kita nyaman, maka ibadah akan lebih khusyuk dan ibadah akan terasa nikmat dan tidak berat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s