Harga Khusus Lebaran

Selama periode lebaran saya mengamati ada beberapa jasa yang memberikan harga khusus ke pelanggannya. Harga khusus ini bukanlah potongan harga melainkan sebaliknya. Harga menjadi lebih mahal dari harga normal. Saya sendiri mengalaminya saat mencuci mobil. Saya datang ke tempat pencucian mobil 2 hari sebelum lebaran. Biasanya tarif normalnya adalah 25rb rupiah tapi saat itu saya mendapatkan harga 35rb rupiah. Contoh lainnya adalah saat saya ke jasa refleksi kaki saat periode lebaran beberapa tahun lalu. Ada kenaikan harga sekitar 20% dibandingkan harga normal. Begitu juga tempat hiburan dan angkutan umum yang memperlakukan harga khusus selama liburan lebaran.

Saya maklum dengan kenaikan harga ini. Apalagi kenaikan ini umumnya terjadi pada usaha yang melibatkan jasa seseorang seperti contoh di atas. Perkiraan saya kenaikan ini sebagai tambahan pendapatan bagi karyawan yang sudah rela untuk tetap bekerja selama masa liburan lebaran.

Mudah-mudahan harga khusus ini tidak berlaku untuk semua barang/jasa. Soalnya saya sering melihat banyak orang yang memamfaatkan kesempatan periode liburan ini untuk menaikkan harga. Saat saya mau membeli air minum galon saya mendapatkan harga yang lebih mahal dengan alasan pengiriman yang terbatas. Aji mumpung nih🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s